Bingung Pilih Rumah atau Apartemen? Cari Tau Solusinya di Sini!

 

Memilih dan menemukan properti hunian yang tepat bisa menjadi tugas yang cukup sulit – tetapi kami di sini hadir membantu Anda memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah pandangan komprehensif tentang pro dan kontra terkait properti hunian vertikal (apartemen)  dan hunian tapak (landed). Mari kita mulai dengan mengupas  alasan mengapa membeli rumah tapak bisa menjadi hal yang luar biasa:

Keunggulan Hunian Tapak atau Landed House:

  • Ruang yang Lebih Luas

Rumah tapak sangat cocok untuk membesarkan keluarga dan Anda juga akan memiliki kebebasan untuk membuat modifikasi tempat tinggal Anda tanpa mengkhawatirkan batasan ukuran. Anda dapat simak penjelasan dalam artikel  Rumah atau Apartemen

  • Nilai Jual Kembali yang Lebih Tinggi

Tergantung pada lokasinya, properti hunian tapak dihargai lebih baik dalam jangka panjang. Jadi, akan lebih masuk akal untuk mempertahankan properti ini selama lima tahun atau lebih sebelum Anda menjualnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Misalnya, jika Anda membeli rumah di Paradise Resort yang dibangun dan dikelola oleh developer Progress Group. Paradise Resort juga dikenal sebagai The New City of Ciputat merupakan sebuah kota Mandiri berkonsep resort dengan lingkungan hijau dan asri yang dibangun sangat terencana di atas lahan seluas 60 Ha. Paradise Resort memiliki lokasi sangat strategis karena berbatasan langsung dengan pusat keramaian Jakarta Selatan, seperti Pondok Indah, Lebak Bulus, TB Simatupang dan Bintaro Jaya. Dan juga terhubung langsung dengan CBD Jakarta melalui akses tol TB SImatupang, Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun Commuterline Sudimara.

Ehm dengan segala fasilitas dan akses jalan yang mengelilingi Paradise Resort, dapat dipastikan nilai jual kembali akan terus naik seiring dengan perkembangan di kawasan Ciputat. Apa saja yang menjadi Fasilitas Penting untuk Tempat Tinggal Anda ada disini

  • Ketenangan dan Lingkungan yang Asri 

Properti yang terletak  di sebuah kota mandiri biasanya lebih damai, aman dan tenang. Fasilitas yang berada pada sebuah kota mandiri menjawab kebutuhan gaya hidup modern Anda sehingga rasanya seperti tinggal di apartemen. Dalam membangun perumahan di kota mandiri, Progress Group tak salah dalam mengusung tema paradise pada setiap properti yang dibangun dan dikelolanya. Selain itu, jarak antar rumah akan melindungi Anda dari masalah gangguan kebisingan tetangga. 

Mau tau tinggal di hunian rasa kondominium mewah? Lihat disini: The New City of Ciputat

 

Satu-satunya kelemahan pembelian hunian tapak, menurut kami adalah harganya yang cukup mahal jika Anda membeli di kota besar seperti Jakarta. Namun seperti yang kami sampaikan di atas, Anda dapat membeli rumah karya Progress Group yang terletak di kota penyangga Jakarta yaitu Paradise Resort yang terintegrasi dengan fasilitas terbaik. Anda benar-benar akan dimanjakan dengan fasilitas mewah seperti tinggal di kondominum mewah, bahkan dalam beberapa waktu ke depan, sebuah mall akan berdiri di kota mandiri ini. Baca juga Penentuan DP dalam Kredit Kepemilikan Rumah. 

Sekarang Anda tahu apa keunggulan dan kelemahan rumah tapak sebagai hunian atau aset investasi. Sekarang saatnya untuk menyimak hal-hal baik yang ditawarkan oleh hunian apartemen. 

Keunggulan Hunian Vertikal: 

  • Fasilitas 

Kondominium dan apartemen kelas atas biasanya memiliki berbagai fasilitas mulai dari keamanan hingga kolam renang, gym, sauna, dan lapangan tenis, serta restoran di dalam gedung. Hal ini membuat rutinitas hidup cukup praktis karena Anda tak perlu pergi jauh untuk menjangkau fasilitas ini. 

  • Harga

Jika membandingkan kondominium mewah kelas atas dengan properti tapak, Anda mungkin menemukan bahwa harganya kurang lebih sama, tergantung pada fasilitas, lokasi, ukuran luas, dan sebagainya. Namun, kondominium atau apartemen standar biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada rumah tapak dan jika Anda memposisikan apartemen ini sebagai asset investasi, Anda akan menerima manfaat ekonomi berupa hasil sewa yang lebih baik, apalagi jika lokasi apartemen tersebut strategis dan terletak di dekat kampus atau perkantoran (penyewa lebih mudah ditemukan). Namun, meskipun ini adalah poin yang valid, ingatlah bahwa properti vertikal juga memiliki kelemahan potensial. Berikut adalah tiga untuk dipertimbangkan.

Kelemahan Potensial Hunian Vertikal:

  • Biaya Manajemen

Fasilitas tambahan di sebagian besar apartemen dikenakan biaya. Anda juga perlu menyisihkan uang untuk biaya pemeliharaan jangka panjang area umum dan perbaikan yang diperlukan untuk bangunan. Beberapa apartemen hadir dengan tujuan komersial dan ini biasanya berarti bahwa tingkat utilitas Anda akan lebih tinggi. Anda juga dapat dikenakan GST untuk layanan yang disediakan oleh Management Corporation (MC) atau Joint Management Body (JMB) gedung tempat unit apartemen Anda. 

  • Ukuran Luas Lebih Kecil

Biasanya ukuran unit apartemen lebih sederhana daripada rumah tapak (walaupun ini tidak selalu terjadi). Hal ini kurang cocok untuk dihuni oleh sebuah keluarga yang sedang tumbuh karena ruang yang cukup sempit. Namun, ukuran yang lebih kecil mungkin cocok untuk orang lajang atau pasangan. 

  • Pembatasan 

Tinggal di hunian vertikal biasanya disertai dengan serangkaian aturan yang diberlakukan oleh Asosiasi Kediaman seperti larangan memelihara hewan, keterbatasan parkir dan larangan merokok di unit apartemen.  

Video Menarik Untukmu:

BLOG VIDEO-16            BLOG VIDEO-13

                                             BLOG VIDEO-27

 

Topics: Investor Property


Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.