Peran Orang Tua Membantu Anak dalam Pengajuan KPR?

 

Ilustrasi: Peran Orang Tua Membantu Anak dalam Pengajuan KPR

Dalam meniti karir dan beranjak dewasa tentu saja setiap orang akan selalu menemukan hal-hal baru serta mulai merencanakan masa depan. Salah satunya adalah membeli rumah untuk pertama kali. Mau tidak mau, suka tidak suka, pada akhirnya setiap orang akan keluar dari rumah orang tua dan membentuk keluarga sendiri. Rumah menjadi kebutuhan pokok meskipun harganya terus beranjak naik setiap tahun.

Bagi yang masih dalam tahap awal perjalanan karir, tentu saja membeli rumah seringkali terdengar sulit karena hal ini merupakan pengeluaran yang cukup besar dalam kehidupan setiap manusia. Meskipun membeli rumah dengan cara KPR, kita harus memiliki perencanaan yang matang dan setidaknya menyediakan DP 20% dari harga rumah.  Bingung memilih rumah atau apartemen? Cari tau Solusinya di sini. 

Dalam melakukan perencanaan membeli rumah, seringkali tak mampu berpikir sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya jika ada pelibatan peran orang tua dalam hal ini.  Peran orang tua dalam membantu anak mengajukan KPR ke bank memang cukup penting. Dilansir tirto.id pada tahun 2017, hasil riset HSBC menunjukkan bahwa 36 persen milenial yang sudah memiliki rumah di pelbagai belahan dunia, mendapatkan bantuan finansial dari orang tua mereka masing-masing. 

Berikut beberapa opsi bagi para orang tua dalam membantu anaknya untuk memiliki rumah, selain bantuan finansial tentu saja pendampingan dan edukasi dari orang tua juga dibutuhkan,  antara lain: 

  • Pinjamkan uang kepada anak untuk DP rumah. Anda bisa memilih opsi ini jika anak Anda membeli rumah dengan cara KPR. Setidaknya dengan pinjaman ini, anak Anda tak kena bunga seperti mengajukan Kredit Tanpa Agunan atau seperti meminjam uang di koperasi tempat bekerja. Diskusikan berapa lama pinjaman ini akan dilunasi sehingga tidak mangganggu cashflow keuangan Anda sebagai orang tua sekaligus mengajari anak untuk bertanggungjawab. Cari tau disini untuk Penentuan DP dalam Kredit Pemilikan Rumah

  • Menutupi tabungan anak, misalnya setiap bulan anak menabung Rp.1,000,000 per-bulannya, maka orang tua bisa membantunya dengan menutupi tabungan ini selama dua tahun, sehingga alokasi dana tabungan anak bisa dialihkan sementara untuk DP rumah pada pembiayaan KPR. 

  • Memberikan uang tunai atau deposito sebagai hadiah untuk anak. Hal ini dapat Anda lakukan seiring dengan pertumbuhan anak yang beranjak dewasa. Tentu saja uang tunai atau deposito ini akan menolong anak ketika ia memutuskan untuk membeli rumah. 

  • Membantu anak Anda membangun kredit yang baik sejak dini akan menghasilkan keajaiban untuk aplikasi KPR mereka di kemudian hari. Tanpa kredit yang baik, akan jauh lebih kecil kemungkinan bank untuk menyetujui permohonan KPR anak Anda. Faktor-faktor yang mempengaruhi skor kredit anak Anda meliputi: riwayat pembayaran kartu kredit; berapa lama anak Anda telah membuka rekening kartu kredit; jumlah pertanyaan saat mengajukan kredit; dan seberapa sering kartu kredit digunakan. Untuk meningkatkan riwayat kredit yang baik, kami menyarankan agar anak Anda selalu membayar kredit tepat waktu.
     
  • Beli rumah sebagai investasi dan berikan kepada anak dengan cara mencicil.  Opsi ini cukup adil bagi kedua pihak. Anak dapat mencicil tanpa dikenai bunga dan cashflow orang tua pun tidak terganggu. Anda sebagai orang tua juga bisa membeli rumah ini dengan cara KPR sejak anak masih usia dini. Ya, perlahan namun pasti, seperti inilah proses membeli rumah dengan sistem KPR. Angsuran demi angsuran berjalan, rumah bisa langsung ditempati.

Berbicara soal investasi dan sebuah lingkungan yang ingin Anda tempati, di kawasan Serpong Selatan, Anda dapat memilih perumahan Paradise Serpong City. Fasilitasnya yang super lengkap dan kemudahan akses transportasi memastikan lingkungan di sekitar perumahan ini akan terus berkembang. Jika Anda atau anak Anda akan membentuk keluarga, maka di Paradise Serpong City inilah Anda dapat memulainya. 

 

Foto: Fasilitas Playground Jungle Castle di klaster Vista Paradise Serpong City

Dari perumahan Paradise Serpong City, Anda akan memahami bahwa Progress Group selaku pengembangnya cukup serius dalam mengembangkan konsep hunian dengan harga terjangkau. Terjangkau namun elegan karena dilengkapi fasilitas yang menjawab kebutuhan gaya hidup modern Anda dan keluarga secara holistik dengan lingkungan yang asri. Fasilitas-fasilitas tersebut, antara lain; Playground di setiap klaster, Clubhouse, Oudoor Sport  dan sebuah mall yang berdiri di dalam perumahan ini. :

Lihat disini untuk Rumah dengan fasilitas lengkap:

 

Video Menarik Untukmu:

BLOG VIDEO-12         BLOG VIDEO-14

 

Topics: Kredit Pemilikan Rumah


20231012_promovistadp

Artikel Lain

Kolam Renang Tangerang Selatan

7 Destinasi Kolam Renang & Waterpark Terbaik di Tangerang Selatan

Jelajahi keindahan 7 destinasi kolam renang terbaik di Tangerang Selatan. Temukan tempat-tempat yang menawarkan suasana yang menyegarkan, fasilitas lengkap, dan pengalaman berenang yang tak terlupakan.
Milenial Bisa Beli Rumah

Tips Milenial Bisa Membeli Rumah Serta Rekomendasi Perumahannya

Temukan tips jitu bagi milenial yang ingin membeli rumah dan rekomendasi perumahan terbaik untuk investasi masa depan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah dari Developer

Jika Anda berencana membeli rumah dari developer atau pengembang, Anda perlu memperhatikan aspek penting dalam artikel ini:
Perbedaan Bunga Tetap dan Bunga Variabel KPR

Yuk Pahami Jenis Suku Bunga KPR Bank & Perbedaannya

Dalam Kredit Pemilikan Rumah terdapat istilah-istilah bunga seperti fixed, floating, dan cap. Artikel ini membahas penjelasan dari bunga-bunga tersebut
Groundbreaking

Groundbreaking - Pengertian & Tujuan

Temukan pengertian dan tujuan groundbreaking dalam pembelian rumah. Acara penting yang menandai awal konstruksi fisik rumah impian Anda.
Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.