Simak Lima Langkah Penting Membeli Rumah

shutterstock_702150400

Ilustrasi: Simak Lima Langkah Penting Membeli Rumah

Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok bagi semua orang karena dari rumah semuanya bermula dan bertahan. Namun seringkali kita mengalami dilema dalam memutuskan membeli rumah baru terutama untuk mereka yang membeli rumah untuk pertama kalinya. Dilema ini wajar saja karena membeli rumah memerlukan uang yang cukup banyak, pertimbangan dan langkah yang tepat. Simak Peran Orang Tua Dalam Pengajuan KPR

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan sebelum membeli rumah? Anda dapat menyimak dan menerapkan lima langkah ini:

  1. Ukur Kemampuan Anda

Apakah Anda masih memiliki cicilan lain seperti mobil, credit card? Jika ya hitunglah berapa total kewajiban Anda membayar cicilan tersebut setiap bulannya. Jangan sampai dengan membeli rumah justru membuat cicilan kredit ini terbentur dan mengganggu pos pengeluaran Anda. Jika total pengeluaran cicilan Anda belum sampai 30% ini merupakan kabar baik. Anda dapat segera mengalokasikan dana untuk membeli rumah.

  1. Tentukan Cara Pembelian Rumah

Setelah menghitung pengeluaran cicilan Anda seperti yang disebutkan di atas, Anda sudah boleh memilih dengan cara apa Anda akan membeli rumah, kredit atau tunai? Tentu saja pembelian tunai merupakan cara terbaik dan cita-cita semua orang. Jika tabungan Anda cukup silahkan saja karena dengan membeli tunai, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan antara lain; tidak membayar bunga dan mendapatkan potongan harga rumah dari developer. Hal ini membuat cash flow Anda lebih baik bukan?

Lalu jika kondisi keuangan Anda belum memadai untuk pembelian tunai, Anda bisa memilih opsi kredit (KPR) syarat utamanya pastikan cicilan ini tidak akan menganggu keuangan Anda dalam beberapa waktu ke depan. Setiap lembaga pemberi pinjaman atau Bank penyedia KPR menyediakan rencana KPR yang berbeda, bahkan ada yang menyediakan layanan cicilan tunai (hanya 2x cicilan).

Selain KPR dari bank, Anda juga bisa mencari developer perumahan yang memberikan kemudahan dalam membeli. Cukup banyak rumah di Serpong yang memberikan kemudahan ini. Misalnya, perumahan Paradise Serpong City yang menyediakan rumah siap huni.  Anda bisa langsung menghuni rumah tersebut sambil mencicil. Tak perlu lagi membayar kontrakan dan cicilan rumah dalam satu waktu.

  1. Pilih Developer Perumahan Lokal yang Berpengalaman

Pandemi Covid-19 yang melanda menjadikan tahun 2020 cukup menantang bagi kita semua. Seperti dilansir indonesiapropertiexpo.com, Juli lalu “Konsumen harus memeriksa legalitas pengembang yang menjual produk properti yang diinginkan, mulai dari legalitas perijinannya, sertifikat tanah, hingga kualitas bangunan. Ini harus dilakukan agar konsumen tidak kecewa” membeli rumah. Kami menyarankan Anda membeli rumah dari developer perumahan lokal yang berpengalaman. Developer dengan portfolio perumahan yang sudah establish.

Untuk membuktikan kredibilitas developer lokal, tentu saja tidak cukup hanya dengan melihat brosur. Anda sebaiknya mengunjungi dan melihat langsung rumah contoh sebagai preview rumah di Serpong dengan datang langsung ke rumah contoh Paradise Serpong City di Jl. Raya Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan 15315. Paradise Serpong City merupakan salah satu karya anak bangsa (developer lokal) sehingga aman untuk investasi Anda. Dengan mengunjungi rumah contoh Anda dapat merasakan lingkungannya, tidak hanya membayangkan. Sebagai jaminannya, Anda bisa melihat langsung komunitas lebih dari 2000 warga yang telah menempati rumah baru mereka di Paradise Serpong City.

17 agts-01 Foto: Komunitas Paradise Serpong City kompak dan harmonis

Perumahan ini menyediakan rumah siap huni, sehingga Anda dapat memanfaatkan langsung produk properti yang Anda beli di era pandemi ini. Bisa Anda huni, sewakan atau menjadi tempat usaha.

  1. Pilih Lokasi Rumah yang Strategis

Selama sepuluh tahun terakhir perkembangan bisnis begitu pesat, aktivitas manusia pun semakin sibuk. Namun membeli rumah di tengah kota Jakarta dengan harga yang selangit untuk beraktivitas juga bukan hal yang mudah. Lalu adakah solusi dalam memilih lokasi rumah yang memudahkan aktivitas kita? Untuk hal ini kami coba menjawab dengan mengamati sejumlah lokasi di pinggiran Jakarta, mulai dari Bekasi, Depok, Bogor dan Serpong. Akses transportasi, fasilitas dan keasrian lingkungan menjadi pertimbangan dalam menilai tepat atau tidaknya lokasi tempat tinggal. Sejauh pengamatan kami, rumah di Serpong Tangerang Selatan merupakan lokasi terbaik untuk tempat tinggal dengan keunggulan sebagai berikut;

  • Kemudahan transportasi merupakan hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih lokasi rumah. Pilihlah rumah di Serpong yang dekat dengan terminal, stasiun dan akses TOL sehingga aktivitas Anda tidak terganggu dan tetap ekonomis. Perumahan dengan akses transportasi terbaik di Serpong adalah Paradise Serpong City. Lokasinya hanya 3 KM dari gerbang tol BSD/Serpong, terintegrasi dengan akses TOL JORR, TOL Bandara dan Tol Dalam Kota Semanggi – Meruya dan hanya 10 menit ke Stasiun Rawa Buntu. Anda tinggal memilih ingin menggunakan transportasi pribadi atau transportasi massal seperti Commuter Line.
    Hanya 40 menit dari Tol Semanggi!

    Mau Punya Rumah Sebelah Mall, lihat ini!

  • Kelengkapan fasilitas umum tentu saja akan menjadi pertimbangan kita dalam memilih lokasi rumah, apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga. Anak-anak memerlukan pendidikan di sekolah-sekolah terbaik. Di Paradise Serpong City fasilitas pendidikan didukung dengan lokasinya yang berdekatan dengan Sekolah Global Islamic School yang hanya berjarak 5 menit, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, hal ini membuat sekolah-sekolah terus tumbuh bak jamur di musim hujan. Anda dapat memilih sekolah mana yang terbaik untuk putra-putri Anda. Mulai dari sekolah negeri, sekolah international hingga sekolah berbasis religi.
  • Keasrian Lingkungan merupakan hal penting dalam memilih rumah karena di sinilah Anda akan menghabiskan setengah umur Anda. Pilihlah hunian yang bebas banjir, jauh dari pabrik dan memiliki fasilitas olahraga sehingga jiwa dan raga Anda selalu sehat.

Mau tau fasilitas yang oke banget dalam kluster, lihat video ini :

 

Tiga kriteria ini akhirnya merujuk ke Paradise Serpong City sebagai lokasi rumah terbaik di Serpong.

Temukan lokasi Paradise Serpong City disini

New call-to-action

 

5. Siapkan dana untuk perlengkapan rumah Anda.

Dengan cara apa pun Anda membeli rumah, baik tunai atau kredit, perlengkapan rumah merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan dan memerlukan dana yang cukup besar. Untuk memenuhi hal ini, Anda bisa menabung sedikit demi sedikit atau alokasikan bonus dan THR dari tempat Anda bekerja untuk hal ini. Kamu tidak perlu khawatir : Berapa saja gajimu, bisa beli rumah dengan KPR

 

Video Menarik Untukmu:

BLOG VIDEO-16         

 

Topics: Pembeli Rumah Pertama


Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.