Pro dan Kontra Dalam Investasi Properti

 

Ilustrasi: Pro dan Kontra Dalam Investasi Properti

Hingga hari ini, investasi merupakan salah satu upaya paling tepat dalam mengatur kondisi finansial Anda. Tidak ada satupun dari kita yang dapat meramal masa depan. Maka dari itu langkah yang tepat adalah mempersiapkannya.  Melalui investasi properti, misalnya.

Investasi properti sendiri merupakan investasi jangka panjang yang berkaitan dengan pembelian, penyewaan, kepemilikan, dan pengelolaan real estate atau jenis properti apapun. Dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang didapatkan dari hasil Return of Investment (ROI). Baik dari hasil sewa dan penjualan kembali atau dari gabungan dari kedua hasil tersebut.

Lalu mengapa harus investasi properti, bukan investasi di bidang lain? Menurut Pakar Properti Panangian Simanungkalit, investasi properti pasti lebih menguntungkan dibandingkan investasi saham khususnya saat situasi krisis. Kita tentunya pernah mendengar nilai saham yang turun secara drastis dikarenakan suatu krisis, namun hal seperti ini belum pernah dialami oleh produk properti seburuk apapun kondisi dan krisisnya.

Namun memang pada dasarnya investasi properti perlu persiapan dan perencanaan yang matang dibandingkan investasi lainnya. Maka dari itu, melalui artikel ini, kami menjelaskan beberapa pro dan kontra dalam investasi properti. Bagi Anda yang masih bingung memilih rumah atau apartemen, cari tau solusinya di sini. 

Pro Dalam Investasi Properti

  • Merupakan Investasi Yang Stabil

Dalam waktu ke waktu, bidang properti merupakan investasi yang lebih stabil dibandingkan dengan investasi lainnya. Sebagai contoh pada saat krisis yang melanda Indonesia pada tahun 1998 lalu, nilai harga jual properti masih lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembelian pertama. Dan di saat krisis mereda nilai jual properti justru meningkat drastis. Hal ini dikarenakan properti selalu menjadi kebutuhan  setiap orang.

  1. Dapat Menghasilkan Arus Keuangan Positif Untuk Anda

Salah satu pro dalam investasi properti adalah Anda dapat menyewakan properti tersebut kepada orang lain. Dengan itu maka akan mendapatkan penghasilan yang pasti seiring waktu berjalan. Namun untuk hal ini memang diperlukan biaya perawatan properti yang harus Anda siapkan selaku pemilik dari properti tersebut. Jika Anda menyewakan properti Anda, maka sebaiknya Anda menetapkan biaya deposit bagi si penyewa sehingga jika ada kerusakan, Anda sudah memiliki dana perbaikan.

  • Investasi Jangka Panjang

Investasi properti merupakan investasi jangka panjang yang banyak dipilih, dengan alasan untuk menambah lahan akan sangat sulit dilakukan. Maka dari itu mengamankan salah satu dari lahan yang ada merupakan langkah yang tepat dan akan memberikan keuntungan untuk Anda di masa yang akan mendatang.

  • Investasi Yang Berbentuk Fisik

Saat Anda berinvestasi pada salah satu properti, salah satu keuntungan yang akan dirasakan adalah Anda memiliki kemampuan untuk merawat dan mengelola properti tersebut secara langsung.

  • Tidak Harus Membayar Secara Sekaligus

Salah satu keuntungan dalam investasi properti adalah Anda tidak perlu membayar semuanya secara sekaligus. Anda cukup menyediakan dana awal sebesar 20% (ketentuan uang muka minimal saat ini), dan sisa pembayaran bisa dibayarkan kepada bank dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Kontra Dalam Investasi Properti 

  • Akan Selalu Adanya Pengeluaran Tidak Terduga

Dalam investasi properti, Anda diperlukan untuk merawat properti Anda untuk tetap berada pada kondisi primanya. Maka dari itu akan diperlukan biaya perawatan yang tidak terduga namun harus Anda siapkan. 

  • Tidak Dapat Menjadi “Quick Cash” Saat Anda Membutuhkan Dana Darurat

Tidak seperti investasi saham yang dapat dijual dengan cepat, investasi properti membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk dapat terjual. Hal ini menjadikan suatu kontra dalam investasi properti terutama disaat Anda sedang membutuhkan dana dengan segera.

  • Terdapat “High Entry Cost” 

Biaya transaksi yang jauh lebih tinggi dibandingkan investasi lain, sehingga dapat secara signifikan mempengaruhi nilai investasi dan membuat Anda lebih sulit untuk menghasilkan keuntungan. Jadi laba investasi tidak akan langsung terjadi. Hal ini merupakan salah satu alasan banyak dari orang mundur dari investasi properti.

  • Memerlukan Jumlah Uang Yang Lebih Signifikan

Investasi properti akan mengenakan Anda biaya dalam jumlah yang sangat besar dibandingkan dengan investasi jenis lainnya, walaupun investasi properti tidak harus dibayar secara sekaligus namun uang muka yang Anda perlu bayar tetap berjumlah besar.

 

Dengan penjelasan di atas investasi properti merupakan hal yang menarik untuk dilakukan bukan? Memang terdapat beberapa kontra dalam investasi properti yang harus diperhatikan untuk menanggulanginya. Namun jika Anda dapat menanggulangi kekurangan tersebut maka Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar seiring berjalan waktu.

Jika Anda tertarik dalam melakukan investasi properti maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset untuk mencari daerah yang strategis dan berkembang. Berdasarkan hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2020, generasi milenial berharap bisa membeli rumah di wilayah DKI Jakarta atau Tangerang.

Wilayah Tangerang khususnya Tangerang Selatan, menjadi perhatian para konsumen karena kemudahan akses transportasi dan kedekatan dengan pusat kota dan memiliki akses langsung menuju Jakarta. Dalam waktu lima tahun terakhir ini, perumahan dengan berbagai konsep dan harga yang variatif terus muncul dan berkembang di kawasan ini. Kita bisa melihat hal ini pada jalanan yang membelah Tangerang Selatan yaitu, Jalan Ciater dan Jalan Puspitek Raya. Simak juga apa yang menjadi Pemicu Pertumbuhan Properti di Indonesia

Pada Jalan Puspitek Raya telah berdiri sebuah kota mandiri, Paradise Serpong City yang memiliki Paradise Walk Mall di dalamnya. Tampaknya para penghuni perumahan Paradise Serpong City yang hinga saat ini tercatat lebih dari 2000 kepala keluarga tak perlu pergi jauh dalam menjangkau kebutuhan mereka. Jalan Puspitek Raya memiliki keunikan tersendiri karena berbatasan langsung dengan BSD, Pamulang dan Ciputat.

Sementara itu harga rumah di Paradise Serpong City juga cukup terjangkau, apalagi Anda dapat membelinya dengan KPR. Daripada membayar kontrakan atau kost di Jakarta, sepertinya lebih tepat jika dana tersebut dialihkan dalam pembelian rumah yang pasti akan menjadi milik Anda. Mau tau rumah millenial yang bagus untuk investasi? Lihat video Rumah Mewah Siap Huni di Serpong:

 

Video Menarik Untukmu :

BLOG VIDEO-08      BLOG VIDEO-22

 

Topics: Investor Property


Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.