Yuk Pahami Jenis Suku Bunga KPR Bank & Perbedaannya

 

 

 

Perbedaan Bunga Tetap dan Bunga Variabel KPR

Ilustrasi: Perbedaan Bunga Tetap dan Bunga Variabel KPR

Memiliki rumah sendiri merupakan suatu impian bagi kita semua, namun dalam mewujudkannya merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan juga perencanaan yang matang mengingat harga sebuah rumah yang sangat mahal dan suku bunga KPR yang terus meningkat.

Kredit Pemilikan Rumah atau yang disingkat sebagai KPR merupakan salah satu cara alternatif untuk mereka yang ingin mempunyai rumah pribadi namun tidak memiliki uang tunai. Pembayaran dilakukan secara kredit dan memiliki bunga. 

Perbedaan KPR Subsidi & KPR Non-Subsidi

Secara singkat KPR terbagi menjadi dua yakni KPR subsidi yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dan KPR non-subsidi yang diperuntukkan kepada masyarakat umum. Lantas dimana letak perbedaan dari kedua jenis KPR tersebut? KPR subsidi, merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Maka dari itu beban bunga cicilan dan uang muka akan lebih rendah dibandingkan dengan KPR non-subsidi.

Jenis Suku Bunga KPR Bank

Lalu bagaimana dengan jenis jenis dari bunga yang dikenakan saat  membeli rumah melalui KPR? Dalam Kredit Pemilikan Rumah terdapat istilah-istilah bunga seperti fixed, floating, dan cap.  Istilah-istilah tersebut merujuk pada sistem bunga yang digunakan bank untuk KPR. Dikutip dari buku Kajian Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan: Kredit Pemilikan Rumah (KPR), terbitan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017, Maka penjelasan dari bunga-bunga tersebut terdiri dari.

  1. Bunga Fixed
    Bunga Fixed atau yang seringkali kita dengar sebagai bunga tetap, seperti nama dari bunga tersebut, maka bunga beban cicilan yang harus dibayar akan bersifat tetap yang akan berjumlah sama hingga waktu yang telah ditentukan.

    Sebagai contoh, Bunga yang diterapkan dalam jangka waktu 5 tahun adalah 15%, maka dalam waktu 5 tahun pertama pada KPR, bunga beban cicilan yang akan diterapkan akan sebesar 15% dan tidak akan berubah hingga 5 tahun tersebut. 

  2. Bunga KPR Floating
    Bunga Floating atau yang dapat diterjemahkan sebagai bunga mengambang  merupakan keterbalikan dari bunga fixed yang sudah dijelaskan diatas. Dimana sifat bunga yang diterapkan akan selalu berubah ubah dalam jangka waktu tertentu. Meskipun begitu, adanya aturan yang diberlakukan dalam bunga floating, yakni berdasarkan pada suku bunga pasar atau kebijakan bank. Yang pada umumnya suku bunga floating mengikuti perkembangan tingkat BI rate.

    Bunga KPR floating sendiri merupakan sistem bunga yang paling sering digunakan oleh bank dalam kredit pemilikan rumah.

  3. Bunga KPR Cap
    Sistem bunga KPR cap sendiri dapat disebut memiliki sistem yang hampir sama dengan bunga KPR floating. Letak perbedaan sistem bunga cap dan floating terdapat pada ukuran nilai.  Bunga KPR floating tidak memiliki batasan dalam ukuran nilai. Sementara bunga KPR capped memiliki batas maksimum dalam jangka waktu tertentu.

    Sebagai contoh, kita akan mengambil KPR dengan bunga KPR cap dengan bunga 10% selama 3 tahun. Maka dalam jangka waktu tersebut suku bunga dapat mengalami perkembangan, tapi tidak akan melebihi batas maksimal yang ditentukan yaitu 10%.

  4. Bunga KPR Fix dan Cap
    Pada saat ini banyak KPR yang menggunakan  sistem bunga campuran antara bunga KPR Fix dengan bunga KPR Cap. Pada umumnya penggunaan sistem campuran tersebut dilakukan secara bertahap.

    Sebagai contoh, untuk 2 tahun  pertama  bunga  KPR  adalah  10%  fixed  dan  2  tahun  selanjutnya  12%  cap. Jika  batas waktu tersebut telah terlewati maka yang berlaku kembali adalah bunga KPR floating.

Dengan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan bunga tetap dengan jenis-jenis bunga KPR lainnya, terletak pada beban bunga. Bunga tetap akan berjumlah sama dan untuk jenis bunga lainnya dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu jumlah cicilan yang dibayar dapat diikuti seiringan dengan peningkatan penghasilan kita. Simak disini untuk Pro dan Kontra Menggunakan KPR

Jika sudah direncanakan secara matang dan sudah mengetahui sistem bunga mana yang akan dipilih, maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah mencari dan menentukan developer terbaik yang bekerjasama dengan sejumlah bank dalam memberikan KPR. Maka dari itu bisa kita mulai dari Progress Group, yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang properti, serta dapat memberikan alternatif fasilitas KPR terbaik kepada para customernya. 

Salah satu perumahan karya Progress Group adalah Paradise Serpong City yang berlokasi di Serpong Selatan. Memiliki fasilitas yang lengkap, perumahan ini baru saja meluncurkan klaster terbarunya yang bernama Vista, selain dilengkapi dengan kemewahan fasilitas, klaster ini memiliki private access menuju mall yang ada di dalam Paradise Serpong City. Mall tersebut bernama Paradise Walk yang dilengkapi dengan ritel-ritel yang menjawab kebutuhan Anda dan keluarga. Bayangkan, Anda tak perlu keluar dari perumahan untuk kebutuhan sehari-hari dan mendapatkan hiburan.  Lalu untuk akses transportasi, kota mandiri ini memiliki akses transportasi yang mudah, hanya 10 menit ke stasiun Rawa Buntu dan dikelilingi oleh jalan Tol. 

Paradise Serpong City menawarkan hunian istimewa yang memadukan kemewahan hidup modern dengan mengedepankan kenyamanan. Selain itu, perumahan besutan Progress Group ini juga dilengkapi fasilitas ramah anak sehingga mendukung Anda dan keluarga tumbuh kreatif dan memiliki kualitas hidup yang tinggi. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi rumah contoh dari perumahan tersebut dan nikmati secara langsung kenyamanan serta kemewahan yang sedang menunggu Anda. Rumah yang mengakomodir kebutuhan hunian millenial! Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah dari Developer

Ini Rumah Ideal Untuk Millenial:


Video Menarik Untukmu:

BLOG VIDEO-06        BLOG VIDEO-11

 

Topics: Kredit Pemilikan Rumah


20231012_promovistadp

Artikel Lain

Apa itu Club House? Pengertian, Fungsi, & Rekomendasi Perumahan

Yuk cari tau, apa itu Club House di Perumahan beserta fungsi, fasilitas & dapatkan juga rekomendasi perumahan yang memiliki fasilitas club house terbaik
Compact House

Compact House - Pengertian, Manfaat, & Ciri-Ciri

Kenali konsep Compact House: solusi efisien ruang untuk keterbatasan lahan. Temukan manfaat, ciri-ciri, dan penerapannya. Baca sekarang!
Apa itu Mezzanine

Apa itu Mezzanine? - Pengertian & Manfaat

Memanfaatkan Mezzanine untuk transformasi total hunian Anda! Dapatkan ruang ekstra, hemat biaya, dan tambahkan estetika luar biasa ke rumah Anda dengan konsep mezzanine. Temukan berbagai manfaat dan inspirasi desain dalam artikel ini. Jadikan rumah Anda lebih luas dan elegan dengan mezzanine!
Groundbreaking

Groundbreaking - Pengertian & Tujuan

Temukan pengertian dan tujuan groundbreaking dalam pembelian rumah. Acara penting yang menandai awal konstruksi fisik rumah impian Anda.

Kenali Hak Properti di Indonesia

Dalam membeli rumah, selain masalah harga, lokasi, hal lain yang wajib Anda pahami adalah status kepemilikan hak atas tanah (properti) di Indonesia.
Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.