Pemegang Sertifikat saat Cicilan KPR Berjalan

 

Ilustrasi: Siapa yang menyimpan sertifikat rumah ketika saya membeli rumah dengan KPR?

Untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia memiliki rumah, sejak dahulu sejumlah bank telah bekerjasama dengan developer perumahan. Sistem pembiayaan inilah yang kita sebut dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Dalam mengajukan permohonan KPR ke bank memang memakan waktu cukup lama, sekitar 2 hingga 4 minggu. Hal ini karena setelah pengajuan akan dilakukan survei dan juga pemeriksaan kelengkapan dokumen. Lalu ketika pengajuan KPR dipenuhi oleh pihak bank dan cicilan mulai berjalan, di manakah sertifikat disimpan? Mari simak artikel ini untuk memahami seluk-beluknya. 

Ketika pengajuan KPR Anda dikabulkan, bank langsung mengeluarkan Surat Persetujuan Kredit.  Pada surat tersebut tertulis siapa notaris yang ditunjuk bank untuk mengurus persyaratan yang diperlukan. Biasanya, honor notaris ditanggung oleh pembeli dan dapat dinegosiasikan. Setelah itu proses berlanjut dengan akad kredit yang dihadiri oleh pembeli, perwakilan bank, penjual rumah atau developer, dan notaris. Seluruh pihak yang hadir pada akad ini tidak dapat diwakilkan karena wajib menunjukkan identitas asli kepada notaris. Jangan lupa, Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan KPR

Pada proses akad ini, notaris juga akan memeriksa semua keabsahan dokumen seperti sertifikat tanah, bukti pembayaran pajak, dan dokumen lainnya. Bila semua sudah tepat, maka notaris akan memberikan bukti dokumen rumah berpindah tangan yaitu berupa Surat Tanda Terima Dokumen ke penjual rumah atau developer.

Apabila semua proses ini terlaksana secara lancar maka bank akan memberikan dana ke pihak penjual. Kemudian notaris akan memproses balik nama sertifikat tanah dan Akte Jual Beli ke pemilik rumah baru. Surat yang diurus notaris tersebut kemudian diserahkan ke bank bersamaan dengan Surat Izin Mendirikan Bangunan sebagai jaminan kredit. Notaris hanya memberikan salinan sertifikat kepada pembeli dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. 

Selama cicilan berjalan, selama itu jugalah sertifikat Anda disimpan oleh bank. Ketika pelunasan Anda dapat mengambil sertifikat tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mendaftar pengambilan sertifikat dan mendapatkan bukti untuk pengambilan sertifikat rumah.
  • Pengambilan sertifikat rumah ini membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari kerja, atau sesuai dengan yang ditentukan oleh pihak bank.
  • Saat pengambilan sertifikat, pihak bank akan melakukan verifikasi dengan melakukan wawancara singkat. Pertanyaan yang diajukan biasanya soal pekerjaan Anda dan “siapa nama ibu kandung Anda?”. Fungsi pertanyaan ini hanya untuk mencocokan data pribadi Anda guna menjamin bahwa si pengambil sertifikat memang pemilik rumah tersebut. 
  • Setelah sertifikat sudah berada di tangan Anda, maka Anda harus mengurus surat Roya ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Surat Roya merupakan dokumen resmi yang menjadi penanda bahwa Anda telah lepas dari cicilan KPR. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mengurus surat Roya adalah melakukan pendaftaran secara online pada situs BPN dan selanjutnya datang ke kantor BPN dengan membawa dokumen lengkap.

Untuk memudahkan Anda dalam mengajukan KPR, kami menyarankan agar Anda memilih rumah yang dikelola developer. Anda pasti akan dibantu oleh tenaga sales-marketing profesional dalam proses pengajuan KPR. Selain itu tentu saja developer perumahan sudah bekerjasama dengan beberapa bank terkemuka, sehingga Anda memiliki beberapa opsi bank untuk pengajuan KPR. Jika Anda masih ragu menggunakan KPR,Anda bisa membaca artikel terkait Pro dan Kontra Menggunakan KPR.

Kawasan Tangerang Selatan memiliki banyak perumahan yang dikelola oleh developer terpercaya. Jika Anda merasa Kawasan Tangerang Selatan cukup jauh sebagai lokasi tempat tinggal, maka Anda bisa memulai mencari rumah di kawasan Ciputat yang berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan. Salah satu perumahan tersebut adalah Paradise Resort, sebuah kota mandiri yang dibangun oleh developer Progress Group yang bekerjasama dengan berbagai bank dalam pembelian dengan KPR. Simak tips ini sebelum mengajukan KPR:  

 

Lebih lanjut mengenai Paradise Resort, Anda akan merasakan teduhnya lingkungan yang asri begitu memasuki perumahan ini. Kelengkapan fasilitas mendukung gaya hidup modern Anda, rasanya sangat tepat untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga. Perumahan bernuansa resort ini menavigasi keseimbangan hidup Anda. Selain kemudahan akses ke selatan Jakarta seperti Bintaro, Lebak Bulus, Pondok Indah dan Kebayoran, lokasi Paradise Resort juga cukup berdekatan dengan kawasan Serpong. Semua lokasi ini tentu saja memiliki sekolah-sekolah dan fasilitas umum yang terbaik. Kedekatan akses lokasi ini, juga memudahkan Anda dalam melakukan pergaulan sosial sehingga Anda dan keluarga tak pernah merasa kekurangan sesuatu.

 

Video Menarik Untukmu:

BLOG VIDEO-17      BLOG VIDEO-10

 

Topics: Kredit Pemilikan Rumah


20231012_promovistadp

Artikel Lain

Beli Rumah Di Serpong

Golden Opportunity, Beli Rumah di Serpong Bikin Kamu Pasti Jaya

Limited & Golden Opportunity, Simak Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Rumah Di Serpong Baik Untuk Hunian Maupun Investasi.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah dari Developer

Jika Anda berencana membeli rumah dari developer atau pengembang, Anda perlu memperhatikan aspek penting dalam artikel ini:
CBD Paradise Serpong City

Apa itu CBD: Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Anda yang Mencari Rumah

Sedang mencari rumah di kota mandiri dengan CBD? Dapatkan informasi lengkap tentang apa itu CBD, fungsi, kelebihan dan kekurangannya di sini!

Pemegang Sertifikat saat Cicilan KPR Berjalan

Ketika pengajuan KPR dipenuhi oleh pihak bank dan cicilan mulai berjalan, di manakah sertifikat disimpan? Mari simak artikel ini untuk memahami detainya
Rumah Atau Apartemen

Bingung Pilih Rumah atau Apartemen? Cari Tau Solusinya di Sini!

Memilih dan menemukan properti hunian tepat untuk kebutuhan Anda. Ini pandangan komprehensif tentang pro dan kontra terkait properti Rumah dan Apartemen
Disclaimer
Seluruh data, gambar dan tulisan yang tercantum di dalam website merupakan situasi dan kondisi pada masa persiapan. Untuk pengembangan mutu, spesifikasi dan design dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan dan perencanaan yang merupakan hak penuh dari pengembang. Seluruh ilustrasi/foto yang ditampilkan hanyalah merupakan contoh dan bukan merupakan bagian dari perjanjian jual beli.